QOUTE

"GANTUNGKANLAH CITA CITAMU SETINGGI LANGIT, SEANDAINYA TERJATUH MAKA KAU AKAN TERJATUH DIANTARA BINTANG BINTANG"

Sabtu, 19 Mei 2012

ARTI DAN FUNGSI TCP/IP


Kadang bagi kita yang masih awan akan dunia internet sering mendengar istilah TCP/IP. Tetapi mungin anda pernah bertanya, berbentuk apa sih TCP/IP itu dan apa kegunaannya. Di dalam dunia komunikasi data komputer, Fungsi TCP/IP merupakan salah satu protokol komunikasi, protokol yang mengatur bagaimana sebuah komputer tersebut dapat berkomuikasi dengan komputer lain. Dalam suatu jaringan komputer, kita dapat menggunakan banyak macam protokol. Akan tetapi agar dua buah komputer dapat berkomunikasi, keduanya perlu menggunakan protokol yang sama. Analoginya seperti ini : Protokol tersebut berfungsi mirip bahasa. sehingga untuk dapat berkomunikasi, orang-orang perlu berbicara dan mengerti bahasa yang sama.
Arti TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer pada Internet. Komputer-komputer yang terhubuna dengan atau ke internet, berkomunikasi dengan menggunakan protokol ini. Karena menggunakan bahasa yang sama, yaitu : protokol TCP/IP, perbedaan jenis komputer ataupun perbedaan Sistem Operasi tidak menjadikan masalah.
Komputer dengan SO Windows dapat berkomunikasi dengan komputer yang menggunakan SO macintosh. Jadi jika sebuah komputer menggunakan protokol TCP/IP dan terhubung langsung ke internet, maka komputer tersebut dapat terhubung dengan komputer manapun di belahan dunia ke internet.
Internet dapat terbentuk karena sekumpulan besar jaringan komputer memiliki kesepakatan untuk berbicara dalam bahasa yang sama. Kesepakatan ini merupakan kesepakatan yang bersifat teknis. Karenanya tidak ada suatu badan pun di dunia ini yang mengatur jalannya internet secara keseluruhan. Yang dapat diatur di dalam internet adalah protokol yang digunakan.,..

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Saya (Faozani)

Pages

faozani

Diberdayakan oleh Blogger.

Recomended